937e505bdc5dbb7241f0f67fbe1a29c721c29e7c68d3bfc7c5b6f2bbf74939dbffbb4ed5590fab89a1e49a88155e5d541fbb447a3ecca465

Tips Sehat Agar Bisa Menjalankan Puasa Dengan Baik.

10:07 PM Posted By: Admin Ardi Ansyah

Puasa ramadhan adalah suatu kewajiban umat muslim di seluruh dunia untuk melaksanakannya, namun waktu berpuasa di berbagai negara berbeda-beda. Di indonesia puasa ramadhan dilakukan kurang lebih 13 jam, agar sehat saat puasa kita harus melakukan beberapa hal yaitu :

1. Olahraga

Puasa bukan jadi alibi untuk tidak berolahraga sama sekali lho, karna terdapat sebagian kategori olahraga ringan yang dapat membuat tubuh kita senantiasa sehat tanpa menghabiskan tenaga begitu banyak serta membuat kita lapar. Jalani kategori olahraga yang biasa dicoba. Tetapi, hendaknya jalani kategori olahraga ringan hingga sedang, semacam berjalan, jogging, serta bersepeda. Dianjurkan untuk tidak berusaha olahraga yang lebih tinggi sebab ditakutkan tubuh tidak sanggup melakukannya.

2. Minum yang cukup

Saat sebelum dan sesudah berpuasa, ingatlah untuk meminum air dalam jumlah besar. Kebutuhan hidrasi tubuh minimal yaitu 1, 5liter per hari yang tidak bisa ditawar. disaat puasa kita dapat memakai ketentuan 2- 2- 4 untuk minum: 2 gelas air disaat sahur, 2 gelas air disaat berbuka, serta 4 gelas air di malam hari. Sepanjang puasa, jauhi pula minuman manis ataupun memiliki kafein seperti teh serta kopi, paling utama disaat sahur. Minuman yang memiliki kafein, paling utama apabila diminum disaat sahur malah buat tubuh kita merasa haus seharian lho.

3. Konsumsi santapan yang diperlukan

Disaat Ramadan, tubuh diberi waktu 2 kali untuk makan, yakni disaat sahur serta berbuka puasa ( waktu maghrib). Waktu makan di bulan Ramadan agak berubah ketimbang dengan hari biasanya.

Tidak hanya itu, jatah makan bisa jadi pula bisa berubah. Tetapi, upayakan buat senantiasa memakan santapan dalam jumlah yang sama semacam hari biasanya, tidak berlebih dan juga tidak kekurangan, dan juga makan bermacam- macam santapan yang memiliki zat gizi karbohidrat, protein, lemak, vit, serta mineral buat penuhi kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

Jauhi kebiasaan berbuka dalam porsi besar. Mulailah dengan sup, kolak ataupun santapan pembuka lain dan tunggu sesaat saat sebelum memakan santapan besar.

4. Tidur yang cukup

Buat melindungi badan senantiasa prima disaat bulan Ramadan, waktu tidur harus cukup. Orang berumur membutuhkan waktu tidur kurang lebih 7- 9 jam per hari. Waktu tidur yang kurang bisa pengaruhi kinerja tubuh. Tidur siang bisa jadi kadangkala dibutuhkan untuk mempertahankan keadaan tubuh tetap sehat.

Tidur malam yang cukup yakni kurang lebih 6- 8 jam tiap malam. Nah, biar kita dapat mendapat tidur yang cukup di tengah banyak aktivitas kita, terdapat beberapa saran yang dapat kita coba semacam kurangi pemakaian perlengkapan elektronik saat sebelum tidur, mempersiapkan sahur segera sesudah selesai berbuka untuk dipanaskan, ataupun memakai aromatherapy.

5. Berhenti puasa saat lagi sakit.

Jika mengalami sakit yang parah yang tidak memungkinkan berpuasa, silahkan batalkan puasa dan segera meminum obat agar sakit yang diderita bisa redah. Saat sakit jangan dipaksa untuk berpuasa agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa tips sehat untuk bisa berpuasa dengan baik. Jagalah kesehatan karena sehat itu mahal..
View: - Tags: Kesehatan