937e505bdc5dbb7241f0f67fbe1a29c721c29e7c68d3bfc7c5b6f2bbf74939dbffbb4ed5590fab89a1e49a88155e5d541fbb447a3ecca465

Cara Sehat Menaikan Berat Badan Disaat Tubuh Terlalu Kurus

4:05 PM Posted By: Admin Ardi Ansyah

Tubuh kurus biasanya dipandang kurang gizi, atau penyakitan, namun banyak orang sudah makan banyak tapi berat badannya tidak berubah, dari segi kesehatan itu salah jika kita terlalu banyak makan akan menimbulkan masalah kesehatan.

Ada beberapa faktor orang dengan tubuh kurus yaitu :

1. Faktor keturunan.

Keturunan dari orang tua sangat pengaruh kepada anaknya terkadang orang tuanya kurus anaknya gemuk, tapi ada juga orang tua gemuk anaknya juga kurus karena ikut kakeknya itu juga bisa.

2. Jarang olahraga.

Jika seseorang jarang olah raga biasanya otot tidak akan bisa berkembang karena kurangnya aktivitas yang dilakukan.

3. Stress

Stress juga bisa menurunkan berat badan, terkadang orang yang berisi jika stress berat badannya bisa turun dengan cepat, apalagi yang dari awal tubuhnya kurus jika stress untuk berusaha menaikan berat badan juga susah.

Cara Menghitung Berat Badan :

1. Menghitung berat badan menggunakan rumus IMT.

IMT adalah cara menghitung berat badan dengan tinggi badan. Rumusnya berat badan di bagi tinggi badan dalam satuan meter.

Contoh : Berat badan saya 50 Kg dan tinggi badan saya 174 cm, Jika tinggi badan saya 174 cm jika di diubah menjadi meter adalah 1,74 meter. Tinggal masukan rumus 50 : 1,74 = 28,7.

Batas normal IBM menurut WHO:

a. Kurus    : kurang dari 18,5.
b. Normal : 18,5 sampai 25.
c. Over weight : lebih dari 25.

2. Menghitung berat badan  menggunakan rumus Broca.

Rumus yang ditemukan oleh Paul Broca menghitungnya dibedakan dengan jenis kelamin, karena pria dan wanita memiliki komposisi tubuh dan berat badan berbeda.

- Rumus untuk pria :

[Tinggi badan (satuan sentimeter) - 100] - [(Tinggi badan (satuan sentimeter) - 100) X 10 persen]

Contoh :

Tinggi : 174 cm

Berat  : 50 kg

[174 - 100] - [(174 - 100) X 10 persen] = 74 -7,4 = 66,6 kg, Jadi berat badan idealnya adalah 66,6 kg.

- Rumus untuk wanita :

[Tinggi badan (satuan sentimeter) - 100] - [(Tinggi badan (satuan sentimeter) - 100) X 15 persen]

Contoh :

Tinggi  : 150 cm

Berat   : 65 kg

[150 - 100] - [(150 - 100) X 15 persen] = 50 - 7,5 = 42,5 kg, Jadi berat badan idealnya adalah 42,5 kg.

Jika kalian sudah menghitung berat badan kalian jika kurang ideal silahkan kalian ikuti cara sehat menaikan berat badan disaat terlalu kurus dibawah ini :

1. Makan porsi kecil, tetapi sering

Metode terbaik demi menghindari tubuh kehilangan massa otot serta tiap jaringan berarti yang lain merupakan dengan makan secara tertib. Makan 5- 6 porsi kecil yang berjarak 3- 5 jam sepanjang hari daripada langsung 2 ataupun 3 kali makan besar.

2. Seleksi Santapan Nutrisi Tinggi

Metode buat gemukkan tubuh tanpa obat, bukan berarti kalian wajib makan masakan berlemak serta kalori besar. Malah kalian wajib perbanyak mengkonsumsi santapan sehat tinggi nutrisi, semacam buah, sayur, pula kacang- kacangan.

3. Variasikan isi piring makanan.

Tiap kali makan, usahakan terdapat paling tidak 3 kelompok santapan berbeda dalam piring makan. Daripada ngemil cuma pisang serta susu, lebih baik buat sebagian buah roti lapis yang isinya olesan selai kacang serta irisan pisang, dan ditemani dengan segelas susu( whole milk ataupun susu nabati, bila Kamu vegetarian). Semakin bermacam- macam isi piring makan, semakin bermacam- macam pula konsumsi kalori serta nutrisi yang diperlukan.

4. Minum juice ataupun smoothie mengenyangkan

Tinggalkan soda, kopi, dan teh yang nyaris nol nilai gizi dan kalorinya. Kebalikannya, bila lagi malas makan, minum smoothie ataupun juice buah besar kalori. Racik smoothie pengganti makan dengan susu full cream( ataupun pengganti susu, semacam susu kedelai ataupun susu kacang yang lain) serta alterasi buah fresh. Buat bonus kalori, dapat menggabungkan chia seed, almond butter ataupun selai kacang, ataupun protein powder ke dalam smoothie.

5. Banyak Minum Air Putih

Air putih memiliki banyak sekali khasiat buat kesehatan. Nyaris 70% lebih orang berbadan kurus nyatanya kurang cairan badan? Sementara itu air sangat dibutuhkan buat pengoperasian bermacam guna organ badan, tercantum lambung serta usus dalam meresap nutrisi.

Mayoritas orang malas minum air putih karna memang seringnya malah membuat mual serta kenyang. Tetapi, dari jumlah mengkonsumsi aort putih yang sepatutnya 2 liter per hari itu, kalian dapat membaginya dalam sebagian tahap. Kalian dapat mulai dari bangun tidur di pagi hari, siang, sore, sampai malam.

6. Teratur olahraga

Berolahraga, paling utama latihan kekuatan, dapat menolong buat gemukkan tubuh dengan membangun serta memantapkan otot- otot badan. Berolahraga pula memicu nafsu makan.

Apalagi buat orang yang sangat kurus sekalipun, senantiasa berarti buat berjaga- jaga supaya tidak kelewatan komsumsi gula serta lemak dikala lagi menggemukkan tubuh. Sesekali makan kue cokelat ataupun eskrim tidak masalah, tetapi mayoritas cemilan yang wajib senantiasa sehat serta sanggup membagikan bonus nutrisi tidak hanya cuma kalori.

7. Makan saat sebelum tidur

Dikala tidur, tubuh bekerja buat mengobati serta meregenerasi sel serta jaringan yang rusak. Buat menunjang peranan tubuh yang satu ini, sah- sah saja buat makan saat sebelum tidur demi menjamin pasokan tenaga senantiasa ada untuk badan yang lagi sibuk bekerja. Makan saat sebelum tidur kadangkala dapat buat perut terasa mulas di tengah malam.

Itulah cara Menaikan Berat Badan, lakukan dengan benar dan pilih makanan yang sehat. Supaya kita gemuk alami bukan karena lemak ataupun obat.
View: - Tags: Kesehatan